Pages

Selasa, 15 Januari 2013

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan Photoshop

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan Photoshop atau tutorial cara bikin wpap dengan photoshop untuk desainer grafis dan pecinta Wedha’s Pop Art Portrait WPAP. Wedhas’s Pop Art Portrait atau lebih dikenal dengan singkatan WPAP yang ngetren di Indonesia itu ternyata juga bisa dibuat dengan adobe photoshop. Selama ini setiap kita melihat karya seni rupa pop art, selalu saja yang tersaji adalah karya yang penuh warna meriah. Wpap yang kemudian meroket menjadi bahasan hangat di berbagai media bahkan di dunia maya. Dengan ciri khas dan gayanya yang nyeleneh, unik dan penuh warna berseberangan menjadi corak alternatif desain modern untuk mengekspresikan karya seni.
Teknik dan cara pembuatan wpap mempunyai bermacam-macam metode, pada dasarnya menggunakan teknik tracing / menjiplak / ngeblat yang disesuaikan dengan gaya wpap yaitu berupa bidang dari garis lurus tak beraturan. Teknik tracing berupaya untuk menyederhanakan bentuk gambar kurva menjadi bidang bersudut sederhana. Sangat jarang wpap menggunakan kurva atau garis melengkung, bahkan tidak ada. Karena pada saat pembuatannya wpap menggunakan hanya garis luru. Kita bisa membuat seni wpap dengan program komputer untuk efektifitas pembuatan. Anda bisa membuat wpap dengan CorelDraw dan tentu saja Anda bisa membuat wpap dengan photoshop.



Dibalik ide dan penemuan WPAP adalah sebenarnya diawali dari tuntutan. Dimulai dari kejenuhan dan faktor usia yang membuat detail penglihatan Wedha menurun. Penemu wpap ini selanjutnya mencari alternatif cara melukis dengan lebih mudah dengan hasil sederhana tanpa mengurangi estetika dan dapat dikerjakan oleh mata ‘tua’ seperti yang dialaminya.
Dan mulailah pada sekitar tahun 1990-1991 beliau mengilustrasikan wajah manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis. Dengan berbagai pengalaman utak atik blok warna dan tuntutan kerja melukis untuk majalah hai Jakarta, Foto Marak Berkotak FMB berhasil ditemukan. Sejak teknik itu dipakai Wedha memposisikan dirinya sebagai penemu teknik seni rupa ini yang pada perjalannya diganti nama menjadi Wedhas’s Pop Art Portrait WPAP. WPAP adalah seni asli Indonesia dan bahkan digadang pertama di dunia. Apresiasi semakin memuncak dengan diterbitkannya sebuah komunitas wpap di dunia maya, Anda bisa akses di wpapcommunity.com


0 komentar:

Posting Komentar